BISNIS
· Pengertian bisnis dan menurut para ahli
Bisnis bagi sebagian orang merupakan tempat pencarian penghasilan yang membebaskan. Karena bisnis adalah usaha yang diputuskan dan dijalankan oleh Anda pribadi, dan segala keuntungan dapat dirancang sendiri serta dinikmati sendiri. Mungkin pengertian bisnis semacam itu bisa sama-sama diterima.
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Laba adalah murni didefinisikan sebagai peningkatan kekayaan seorang investor sebagai hasil penanam modalnya, setelah dikurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penanaman modal tersebut (termasuk di dalamnya biaya kesempatan).Sementara itu, laba dalam akutansi didefinisikan sebagai selisih antara harga penjualan dengan biaya produksi. Perbedaan diantara keduanya adalah dalam hal pendefinisian biaya.
Menurut Para Ahli
Û
Brown dan Petrello
Brown dan Petrello
“Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Û
Griffin dan ebert
Griffin dan ebert
“Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit”. Sejalan dengan definisi tersebut, aktifitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama.
Û Musselman dan Jackson
Suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat oleh aktivitas tersebut.
· Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis tidak lebih dan tidak lain adalah memperoleh keuntungan karena semua orang yang berbisnis mulanya berawal dari fikiran-fikiran dan keinginan mereka untuk memperoleh keuntungan sehingga muncul inisiatif untuk menjalankan bisnis dari keinginan mereka tersebut.
Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda.
Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda.
5 hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membuka usaha, yaitu :
1. Produk.
2. Sistem Manajemen.
3. Analisa Pasar / Konsumen.
4. Strategi Pemasaran.
5. Analisa Keuangan.
2. Sistem Manajemen.
3. Analisa Pasar / Konsumen.
4. Strategi Pemasaran.
5. Analisa Keuangan.
12 faktor penting dalam menciptakan dan membangun bisnis yang sukses :
- Membuat visi jangka pendek dan visi jangka panjang yang jelas untuk bisnis Anda. Visi Anda akan memberikan tujuan, dan membantu Anda tetap fokus pada apa yang Anda ingin capai. Visi akan membantu klien Anda mengerti pada bisnis yang Anda bangun, dan menjaga karyawan dan investor, jika ada, terfokus pada tujuan Anda.
- Pekerjakan orang-orang terbaik, dan mengatur mereka dengan baik. Ketika bisnis Anda berkembang, Anda akan dihadapkan dengan tugas besar merekrut dan mengelola orang lain. Kualitas orang-orang Anda adalah kunci keberhasilan Anda. Menemukan orang-orang yang memiliki gairah dan visi, pada apa yang ingin Anda capai dalam bisnis.
- Tetap Fokus. Penting untuk mengidentifikasi, dan berkonsentrasi pada aspek-aspek unik yang membuat bisnis Anda luar biasa.
- Inovasi dan jangan meniru. Berpikir secara berbeda, dan membedakan bisnis Anda melalui konsep atau presentasi. Bisnis Anda unik.
- Tetap realistis. Anda telah mendengar statistik bahwa 80 persen dari semua usaha kecil agar dalam lima tahun. Hadapi risiko dan batu sandungan yang mungkin menghadang bisnis Anda. Pendapatan mungkin tidak datang secara langsung, tetapi mungkin bertahap. Jadi harap sabar dan realistis.
- Memiliki pemahaman yang jelas tentang pasar dan pesaing Anda. Bisnis tidak beroperasi keluar dari ruang hampa, dan penting untuk mempelajari sebanyak mungkin mengenai industri, pasar dan para pemain. Iklim pasar, tren pengguna, inovasi teknologi, bahkan ekonomi, dapat mempengaruhi bagaimana perusahaan Anda berjalan. Anda harus mengenali ancaman dan peluang kompetitif; dalam rangka untuk memberikan waktu bagi Anda untuk mempersiapkan kemungkinan yang terbaik.
- Jalankan bisnis Anda secara ramping. Menjaga pengeluaran dan belanja yang ramping selama Anda bisa. Adalah penting bahwa Anda tidak menghabiskan apa yang tidak Anda miliki! Anda tidak perlu kantor mewah pada awal bisnis Anda, atau ruang kantor di menara tinggi di pusat kota. Jika Anda tidak perlu pekerja tambahan, jangan diada-adakan.
- Macam – macam bisnis
1. Bisnis Online merupakan cara menghasilkan uang melalui internet dengan memanfaatkan web atau blog sebagai alat untuk mempromosikanya
2. Franchising
· Kerugian Franchising
Û Kewenangan outlet di tangan Franchisee (kalau terlalu banyak ide merepotkan Franchisor)
Û Perlu perubahan paradigma (paradigm shift) atas materi yang dijual
Û Untuk membentuk sistem yang baku, perlu adanya proses yang lebih birokratis.
· Keuntungan Franchising
Û Percepatan perluasan usaha, dengan modal relatif rendah
Û Efisiensi dalam meraih target pasar melalui promosi bersama
Û Terbentuknya kekuatan ekonomi dalam jaringan distribusi
Û Menggantikan kebutuhan personel Franchisor dengan para operator milik Franchisee (slim organization)
Û Pemilik outlet bermotivasi tinggi karena menyangkut pengembalian investasi dan keuntungan usaha
Kelebihan Bisnis Online
Û bisnis online bisa di lakukan dari mana pun. Entah dari warnet, entah dari kampus, entah dari rumah. Sedangkan bisnis online harus dilakukan di kantor, toko, dan tempat yang sudah fixed. Dengan bisnis online, “kantor” yang mendatangi saya, dengan bisnis offline, saya yang mendatangi kantor.
Û bisnis online itu mudah, Cukup dengan duduk, ketak-ketik, dan selesailah sudah. Sambil nonton TV & minum es teh manis, nikmat sekali. Kalau teman-teman saya harus pergi kesana-kemari, terjebak macet, keringatan, dan sebagainya
Û Modal relatif kecil . Tidak perlu menggunakan toko yang modalnya bisa ratusan juta. Anda hanya hanya perlu bermodalkan semangat belajar, dan sebuah komputer dengan akses internet.
Û Bias dijalan oleh siapa pun termasuk mahasiswa yang ingin menambah uang jajan dengan kreatifitas hasil karyanya.
Usaha kecil merupakan bagian integral dari dunia usaha nasional yang mempunyai kedudukan, potensi dan peranan yang sangat strategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Mengingat peranannya dalam pembangunan, usaha kecil harus terus dikembangkan dengan semangat kekeluargaan, saling isi mengisi, saling memperkuat antara usaha yang kecil dan besar dalam rangka pemerataan serta mewujudkan kemakmuran yang sebesar-besarnya bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam menjalankan sebuah bisnis, hal yang paling sering terlintas dalam benak kebanyakan orang adalah keuntungan (profit). Profit merupakan hal mendasar dari setiap aktivitas niaga sehingga wajar jika setiap orang menginginkannya.
Namun demikian, kita patut memikirkan kembali pandangan kita terhadap profit itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar