Selasa, 17 Januari 2012

Jakarta oh Jakarta ...

Jakarta Saat Ini

Percaya tidak percaya sama jaman kita sekarang..
banyak banget yah penipuan di negara kita khususnya Jakarta yang “Jantungnya Indonesia” kenapa bisa dibilang begitu? Karena semua orang mengadu nasib dan mencari sesuap nasi di Jakarta kotanya “Metropolitan” yupp seperti biasa banyak sekali lalu lalang dengan sibuknya kerja, sibuk yang sekolah, sibuk yang kuliah semua ada apalagi kalau sudah hari senin macetnya ampun – ampun karena itu banyak orang selalu bilang I HATE MONDAY padahal gak selalu hari senin buat kita malas semua kan tergantung dari diri masing – masing semangatnya ( kayak gak malas aja gua ) XD...


okee..
Balik lagi sama keramaian di Jakarta dulu jamannya gue jarang banget tuh yang namanya ada penculikan, penipuan, makan- makanan yang dicampur bahan kimia yg harusnya untuk baju atau bahan pengawet, pemerkosaan, makanan junk food atau makanan siap saji yang bikin kita gemuk atau sakit.. coba dibedakan dengan jaman sekarang kita udah pada besar ada banyak penipuan seperti : sms yang bilang butuh pulsa untuk telp keluarga karena ditangkep polisi atau masuk rumah sakit, sms yang nyedot pulsa karena ikut REG dll, sms yang bilang kita menang puluhan juta yang ujung – ujungnya kita yang kebobolan puluhan juta. Ada lagi pemerkosaan yang lagi marak banget beredar di angkot, pelecehan seksual, penculikan anak sampai ada yang dibunuh tahu – tahu pulang tinggal nama sama tentang aliran sesat yang mengATAS namakan ISLAM ( banyak banget perbedaan jaman kita kecil dulu sama sekarang ), terus banyak juga penipuan yang ada di angkot atau bus yang modal nekat dan malu cuma bawa diri saja naik angkot terus meminta belas kasihan kita buat bayarin bus atau angkotnya buat sampai ketempat tujuannya dengan berbagai ALASAN tentunya apalagi yang jadi korban itu kebanyakan wanita seperti gue tapi gue gak tergoyah bukan berarti mati rasa karena sekarang beda tipis yang namanya JUJUR sama BOHONG demi kebaikan ( kebaikan dia kali yah? ) yeah itu banyak banget kayak yang gue sering liat termasuk hari ini di bus Kopaja entah nenek – nenek itu benar – benar mau kesatu tempat dan penting apa hanya sekedar menipu kita gak pernah tahu deh.

Menurut kalian nih guys seharusnya kita yang melihat keterpurukan negara kita gimana sih? Apa kita hanya diam dan melihat kenyataan semua itu yang harusnya dibersihkan dan di teraturkan?

Minggu, 08 Januari 2012

PEMBANGUNAN KOPERASI

BAB XII
PEMBANGUNAN KOPERASI
Pertumbuhan koperasi di Indonesia dimulai sejak tahun 1896, yang terus berkembang dari waktu ke waktu hingga sekarang. Perkembangan koperasi di Indonesia mengalami pasang naik dan turun dengan lingkup kegiatan usaha secara menyeluruh yang berbeda-beda dari waktu ke waktu sesuai dengan iklim lingkungannya.
Jika pertumbuhan koperasi yang pertama di Indonesia menekankan pada kegiatan simpan-pinjam, maka selanjutnya tumbuh koperasi yang menekankan pada kegiatan penyediaan barang-barang konsumsi dan juga koperasi yang menekankan pada kegiatan penyediaan barang-barang untuk keperluan produksi.

Pembangunan Koperasi di Negara Berkembang (di Indonesia )
    Kendala yang dihadapi masyarakat :
1.     Perbedaan pendapat masayarakat mengenai Koperasi
2.     Cara mengatasi perbedaan pendapat tersebut dengan menciptakan 3 kondisi yaitu :
          a. Koqnisi
          b. Apeksi
          c. Psikomotor
3. Masa Implementasi UU No.12 Tahun 1967 Tahapan membangun Koperasi :
          a. Ofisialisasi
          b. De-ofisialisasi
          c. Otonomisasi
4. Misi UU No.25 Tahun 1992  merupakan gerakan ekonomi rakyat dalam         rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur  berlandaskan Pancasila dan UUD1945.
Tahapan Pembangunan Koperasi di Negara Berkembang menurut
A. Hanel, 1989
Tahap I : Pemerintah mendukung perintisan pembentukan  organisasi koperasi.
Tahap II : Melepaskan ketergantungan kepada sponsor dan pengawasan teknis, manajemen dan keuangan secara   langsung dari pemerintah dan atau organisasi   yang dikendalikan oleh pemerintah.
Tahap III : Perkembangan koperasi sebagai organisasi  koperasi yang mandiri.

PERANAN KOPERASI

BAB XI

PERANAN KOPERASI

Peranan Koperasi dalam berbagai bentuk pasar
Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar
diklasifikasikan menjadi 2 macam :
  1. Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
  2. Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) , yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli
Suatu pasar disebut bersaing sempurna jika terdapat banyak penjual dan pembeli sehingga tidak ada satu pun dari mereka dapat mempengaruhi harga yang berlaku; barang dan jasa yang dijual di pasar adalah homogen; terdapat mobilitas sumber daya yang sempurna; setiap produsen maupun konsumen mempunyai kebebasan untuk keluar-masuk pasar; setiap produsen maupun konsumen mempunyai informasi yang sempurna tentang keadaan pasar meliputi perubahan harga, kuantitas dan kualitas barang dan informasi lainnya; tidak ada biaya atau manfaat eksternal berhubungan dengan barang dan jasa yang dijual di pasar. Perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan sempurna bersifat “penerima harga” (price taker). Kurva permintaan yang dihadapi sebuah perusahaan dalam pasar persaingan sempurna merupakan sebuah garis horizontal pada tingkat harga yang berlaku di pasar.Kuantitas output ditentukan berdasarkan harga pasar dan tujuan memaksimumkan laba, yaitu pada saat MR = MC. Dalam jangka waktu yang sangat pendek, kurva penawaran pasar berbentuk garis vertikal sehingga harga ditentukan oleh permintaan pasar. Dalam jangka panjang, harga dapat naik, tetap atau turun tergantung pada perubahan permintaan komoditi yang bersangkutan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak.

Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market) Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
- Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
- Produk yang dijual perusahaan adalah  sejenis (homogen)
- Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
- Para pembeli dan penjual memiliki informasi  yang sempurna
Koperasi dalam Pasar Monopolistik
Ciri-cirinya :
  • Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
  • Produk yang dihasilkan tidak homogen
  • Ada produk substitusinya
  • Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
  • Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
Koperasi dalam Pasar Oligopoli
q  Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada
    beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar
q  Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga
Gambar 9.1
Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensimembedakan mutu dan bentuk produk